Home NEWS MOMENT Ternyata Ini Kendala Pertumbuhan Penciptaan Wirausaha Baru Di Trenggalek

Ternyata Ini Kendala Pertumbuhan Penciptaan Wirausaha Baru Di Trenggalek

176
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Penciptaan wirausaha baru untuk menekan pertumbuhan angka pengangguran di Kabupaten Trenggalek ternyata masih terkendala beberapa faktor, salah satunya yaitu tekait permodalan. Akibatnya pertumbuhan wirausaha di Trenggalek belum bisa tumbuh secara massif meski sudah dibekali pelatihan ketrampilan kerja.

Program pelatihan ketrampilan kerja yang berulang kali di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan, dinilai belum bisa menekan pertumbuhan pengangguran secara maksimal. Pasalnya, Pasca dilakukannya pelatihan tersebut tidak ada pendampingan khusus bagi eks peserta pelatihan hingga  membuka wirausaha sendiri.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek, Yudi Sunarko menjelaskan, Selain ketrampilan produksi dan pemasaran, untuk menciptakan wirausaha baru memerlukan pendampingan terkait permodalan, oleh karena itu pelatihan yang sudah dilakukan perlu diintegrasikan dengan berbagai organisasi perangkat Daerah (OPD) agar lebih paripurna pasca dilakukan pelatihan.

Perlu diketahui bahwa, untuk menekan lonjakan angka pengangguran di Kabupaten Trenggalek, selain mengupayakan peningkatan pertumbuhan investasi berbasis industry, penciptaan wirausaha baru merupakan salah satu cara yang efektif untuk menekan angka pengangguran tersebut, oleh karena itu Pemerintah diharapkan juga mau melakukan pendampingan calon wirausaha  pasca mengikuti pelatihan kerja.