Home Business Mengintip Rumah Produksi Hiasan Lampion Unik Berbahan Spon

Mengintip Rumah Produksi Hiasan Lampion Unik Berbahan Spon

482
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Ada ada saja inovasi dalam membuat lampion, Salah satu seniman asal Kabupaten Trenggalek ciptakan terobosan baru membuat lampion unik dengan bahan baku spon. Ingin tahu lebih jauh seperti apa prosesnya ?, yuuk intip penelusurannya berikut ini.

Ditangan orang orang yang kreatif, segala sesuatu terbukti bisa menjadi karya seni yang bernilai ekonomi, seperti yang dilakukan oleh Agung Hari Wiyono, warga kelurahan Kelutan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Tangan terampilnya telah berhasil merubah sponeva yang biasanya digunakan untuk matras, namun justru diolah menjadi karya seni yang indah berupa lampion unik. Biasanya lampion ini dijadikan hiasan didepan rumah ataupun di pnggir jalan saat perayaan hari raya maupun event lainnya.

Menanggai karya nya ini, Agung Hari Wiyono atau yang akrab disapa dengan nama kang Kurmen ini menjelaskan, bahwa untuk membuat lampion ini, selain memanfaatkan sponeva sebagai bahan baku, dirinya juga memanfaatkan kain berwarna untuk hiasan tambahan. Spon dan kain berwarna tersebut di potong potong sesuai kebutuhan, kemudian dirangkai menggunakan lem dan di pasang lampu di dalamnya.

Untuk membuat lampion dengan bahan baku spon dan kain warna ini, Agung Hari Wiyono memerlukan waktu sekitar 40 menit per unit. Dari hasil karyanya ini agung membanderol harga antara 75.000 sampai 100.000 rupiah per unitnya, tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitan  pembuatannya.