Home Inspiring DIbalik Keterbatasannya, Siswa Tuna Netra SLB Di Trenggalek Ternyata Jago Main Gamelan

DIbalik Keterbatasannya, Siswa Tuna Netra SLB Di Trenggalek Ternyata Jago Main Gamelan

208
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Meski memiliki kekurangan dalam penglihatan,  sejumlah pelajar tunanetra di Sekolah Luar Biasa Kemala Bhayangkari 1 Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur,  ternyata terampil memainkan gamelan jawa, keterbatasan yang dialaminya tidak menghalangi mereka untuk terus belajar dan mengasah kemampuan,

Tak disangka, suara alunan gamelan yang indah ini merupakan suara gamelan yang dimainkan oleh para pelajar tuna netra. Keterbatasan pada fisik yang dialaminya terbukti ridak menjadi penghalang bagi mereka untuk lihai dalam memainkan alat musik traditional jawa atau biasa disebut dengan gamelan, Seperti yang dilakukan oleh sejumlah siswa tuna netra SLB Kemala bhayangkari kabpaten Trenggalek ini. Meski mereka tidak bisa melihat alat music yang mereka mainkan, namun meraka tetap jagi memainkan gamelan yang aa di depannya.

Dalam memainkan gamelan ini, mengingat kondisi indera penglihatan mereka kurang sempurna, membuat para siswa memaksimalkan indera peraba dan pendengarannya untuk memainkan gamelan, indera pendengaran digunakan untuk mengenali dan menghafal jenis suara atau notasi dari alat musik, sementara indera perabanya digunakan untuk mengenali bentuk alat musik yang mereka mainkan beserta bunyinya.

Salah satu siswa tuna netra yang sudah lama belajar bernyanyi dengan iringan gamelan, Khusnul Mukminah Sari, menerangkan, dirinya sudah sebelas tahun belajar bernyanyi jawa atau sinden, berkat ketekunannya dalam belajar nyinden ini, dirinya juga sering mendapat undangan untuk nyinden ataupun bernyayi di berbagai acara.

Sementara itu salah satu pelajar tuna netra yang jago bermain gamelan, Imam Mahruf juga menerangkan,  Bahwa untuk belajar memukul gamelan ini dirinya memerlukan waktu selama satu tahun,  Dalam proses belajarnya, imam makruf mengawali dengan menghafal posisi wilangan, pajemung,  dan menghafalkan notasi untuk memainkan sebuah lagu..

Guru Gamelan Siswa SLB Kemala Bhayangkari Treggalek, Momen Suryopribadi, menjelaskan, Dalam proses pembelajaran mai gamelan terhadap siswa tuna netra ini, pihaknya terlebih dahulu mengenalkan posisi wilangan gamelan, karena posisinya agak jauh tidak seperti  wilangan pada alat music orgen. Untuk proses  selanjutnya baru dikenalkan dengan nama dan suaranya sambil dirabakan bentuk alat musiknya.

Kemampuan siswa Tuna Netra SLB Kemala Bhayangkari dalam bermain gamelan ini ternyata tidak hanya ditunjukkan di sekolah saja, Pasalnya, selama ini mereka juga sudah unjuk gigi ke sejumlah panggung di Kabupaten Trenggalek, bahkan dalam waktu dekat ini mereka juga akan tampil di panggung megah yang ada di ibu kota jakarta. Para siswa tunanetra asal kabupaten Trenggalek ini telah membuktikan jika keterbatasan fisik tidak menjadi alasan untuk berhenti belajar dan berkarya. bagaimana dengan kita yang fisiknya lebih sempurna ?