Home NEWS MOMENT Status LP2B Dicabut, Lahan Pertanian Pangan Di Trenggalek Berubah Jadi Lahan Bangunan

Status LP2B Dicabut, Lahan Pertanian Pangan Di Trenggalek Berubah Jadi Lahan Bangunan

366
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Luas lahan pertanian pangan di kabupaten Trenggalek dipastikan akan tersu berkurang, pasalnya, Pemkab Trenggalek bakal cabut status puluhan hektare area persawahan di tengah kota dari lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B), menjadi lahan terbangun.

Berdasarkan perancanaan yang ada, Sejumlah kawasan lahan pertanian yang statusnya dicabut  akan dimanfaatkan untuk lahan bangunan. seperti halny perluasan jalan akses dari pertigaan widowati sampai ke bagian belakang RSUD Trenggalek. selain itu juga digunakan untuk lokasi pembangunan taman teknologi pertanian terpadu serta pembangunan ruang kreasi untuk anak-anak muda dan bangunan baru lainnya.

Plt Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin mengatakan, Bahwa pencabutan status ini dilakukan karena lahan persawahan di seputar jalan soekarno-hatta dan brigjen soetran tersebut akan dialihfungsikan untuk pengembangan kawasan kota, dengan luas lahan sekitar 70 hektare. Meski dilakukan alih fungsi, Nur Arifin juga memastikan bahwa koefisienya masih kami pertahankan, yaitu tetap mempertahankan sekian hektare untuk LP2B. Sehingga tidak menyalahi dan juga tidak turun grade-nya,

Sebelum dilakukannya pencabutan tersebut, diketahui bahwa luasan lahan yang berstatus LP2B di dalam kota cukup berlebih. Sehingga Pemerintah akhirnya memangkas sebagian untuk proyek pengembangan kawasan perkotaan serta mendorong pelayanan publik, sehingga diharapkan akan memiliki nilai dan manfaat yang lebih.