Home NEWS MOMENT Ternyata Seperti Ini Potret Pemotongan Gaji ASN Di Trenggalek Untuk Baznaz

Ternyata Seperti Ini Potret Pemotongan Gaji ASN Di Trenggalek Untuk Baznaz

298
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Sejak tahun 2017 kemarin, Mayoritas Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Kabupaten Trenggalek telah aktif setorkan sebagian kecil gajinya untuk Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz), Penyetoran tersebut dilakukan dengan system pemotongan gaji sesuai keikhlasan masing masing ASN.

Saat daerah lain sedang dihebohkan polemik seputar Baznaz yang diambil dari Gaji ASN, di Kabupaten Trenggalek sedah hampir 2 tahun mengoptimalkan dana Baznaz melalui gaji ASN dan bisa berjalan lancar tanpa harus melanggar peraturan yang ada. Pasalnya, ASN yang berkenan meng infaqkan, mewakafkan, ataupun menzakatkan sebagian gajinya untuk Baznaz, akan membuat surat pernyataan dan memberi kuasa terhadap bendahara gaji agar memotong langsung gajinya untuk diserahkan ke Baznaz sesuai keikhlasannya.

Menanggapi terkait infaq, wakaf ataupun zakat ASN untuk Baznaz ini,Wakil Bupati Trenggalek  Mochamad Nur Arifin menjelaskan, Untuk pengumpulan zakat, infaq ataupun wakah dari ASN Trenggalek yang dibayarkan ke Baznaz ini telah dibentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masing masing dinas, sedangkan bendahara UPZ sendiri biasanya diambil dari bendahara gaji, sehingga proses pengumpulan zakat lebih mudah dan terakomidir dengan baik.

Perlu diketahui bahwa sebagai wujud pertanggung jawaban pengelolaan dan akuntabilitas dari Baznaz di Kabupaten Trenggalek ini, juka dilakukan proses audit rutin, yaitu audit secara syariah dan audit keuangan. Dengan demikian pengelolaan Baznaz bisa dipertanggung jawabkan baik dari segi pertanggung jawaban laporan keuangan hingga keabsahannya menurut syariat agama.