Home NEWS MOMENT Longsor Jalur Utama Kampak-Munjungan, 4 Hektare Lahan Perhutani Hancur

Longsor Jalur Utama Kampak-Munjungan, 4 Hektare Lahan Perhutani Hancur

276
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Ngadimulyo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, Tepatnya di Jalur Utama Kecamatan Kampak dan Kecamatan Munjungan, menyebabkan kerusakan yang cukup parah dikawasan hutan, Akibatnya tanaman yang ada dilokasi tersebut hancur terbawa longsor.

Berdasarkan keterangan pihak Perhutani, Lokasi longsor di jalur utama Kampak-Munjungan ini, diketahui masuk dalam kawasan lahan Perhutani Petak 146 D, dengan luas induk kawasan 22,4 hektare, Sementara itu untuk lahan yang terdampak longsor luasnya sekitar empat hektare.

Asisten Perhutani Kampak Edi Subiantoro Menjelaskan, di wilayah tersebut terdapat berbagai jenis tegakan, di antaranya pohon Pinus, Jabon, Sengon, serta Pucung. Aneka jenis tanaman itu saat ini kondisinya hancur terseret dan tertimbun material longsor.

Meskipun tegakannya banyak, Namun potensi longsor di daerah tersebut memang sangat tinggi, Pasalnya struktur tanahnya gembur dan mudah lapuk apabila terkena air. Selain itu memiliki kemiringan lahan yang ekstrem, sehingga jika terjadi hujan lebat yang terus terusan bisa berpotensi terjadi bencana longsor.