Home NEWS MOMENT Seperti Inilah Posisi Trenggalek Dalam Pemetaan Dapil Dan Alokasi Kursi Pemilu

Seperti Inilah Posisi Trenggalek Dalam Pemetaan Dapil Dan Alokasi Kursi Pemilu

424
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Pemetaan dan penyusunan Daerah Pemilihan (Dapil) untuk Pemilu tahun 2019, tidak akan berpengaruh banyak terhadap jumlah dapil maupun kursi legislatif di Kabupaten Trenggalek, Sementara itu akibat adanya pemetaan Dapil tersebut, perubahan justru terlihat di alokasi kursi tingkat DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Timur.

Dengan adanya pemetaan Dapil dan Alokasi Kursi legislatif untuk Pemilu Tahun 2019 mendatang, Mengakibatkan beberapa perubahan pada Jumlah Kursi yang ada di tingkat DPR RI dan  DPRD Provinsi Jawa Timur, Sementara itu untuk Jumlah Kursi ditingkat DPRD Kabupaten Trenggalek tidak ada perubahan.

Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, Suripto Menerangkan, Setelah dilakukan pemetaan Dapil dan alokasi Kursi Legislatif, Jumlah Kursi DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Timur akan mengalami penambahan, Jumlah Kursi DPR RI yang sebelumnya berjumlah 560 akan naik menjadi 575, Sedangkan Kursi DPRD Provinsi Jatim yang sebelumnya berjumlah 100 kursi akan naik menjadi 120 Kursi, Sementara itu untuk Kursi DPRD Kabupaten Trenggalek Jumlahnya tetap 45 Kursi. Selain pada jumlah kursi, perubahan untuk pemilu tahun 2019 ini juga terjadi pada perubahan nama Dapil di kawasan Trenggalek untuk tingkat DPRD Provinsi,  Kawasan Trenggalek yang sebelumnya bernama Dapil 7 Sekarang menjadi Dapil 9.

Dengan dilakukannya pemetaan ulang dan perubahan alokasi kursi legislatif untuk Pemilu Tahun 2019, yang mengacu pada Undang Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu , diharapkan bisa memberikan manfaat yang lebih baik terhadap masyarakat, baik dari segi kualitas pemilu, maupun kualitas wakil rakyat yang dihasilkan dari Pesta Demokrasi Tersebut.