Home NEWS MOMENT Paman Wakil Bupati Trenggalek Pimpin Aksi Damai Penolakan Tambang Batu Andesit

Paman Wakil Bupati Trenggalek Pimpin Aksi Damai Penolakan Tambang Batu Andesit

279
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Paman wakil bupati Trenggalek, Kyai haji musyaroh pimpin langsung aksi damai penolakan aktivitas tambang di desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Dalam aksinya, pihaknya menuntut agar aktivitas tersebut dihentikan, lantaran dinilai merusak lingkungan.

Aksi damai penolakan tambang yang dipimpin paman wakil Bupati Trenggalek ini dilakukan dengan berjalan kaki dari kawasan Pondok Pesantren Sulaiman menuju lokasi pertambangan dengan berjalan kaki dan berorasi, yang diiringi lantunan sholawat sepanjang perjalanan. Sesampainya di lokasi warga menyampaikan tuntutannya agar aktivitas tambang tersebut dihentikan, karena dinilai merusak lingkungan dan menimbulkan polusi.

Paman Wakil Bupati Trenggalek yang sekaligus sebagai koordinator aksi, Kyai Haji Musyaroh menerangkan, Mengingat dampak yang timbulkan dari aktivitas tambang ini warga menolak keberadaan tambang dan menuntut agar aktivitas tambang ini dihentikan. Meski demikian tuntutan dan gugatan ini akan dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada.

Beberapa dampak buruk dari aktivitas tambang batu andesit di desa sukorejo, yang dinilai meresahkan warga antara lain, timbulnya polusi suara dan polusi udara yang diakibatkan dari aktivitas tambang, selain itu tepat diatas bukit lokasi penambangan tersebut merupakan kawasan pemakaman umum, sehingga jika aktivitas tambang tersebut terus terusan dilakukan, dikhawatirkan area pemakaman tersebut akan rusak dan ambrol.