Home NEWS MOMENT Dinilai Rusak Lingkungan, Ratusan Warga Gandusari Gruduk Lokasi Tambang Batu Andesit

Dinilai Rusak Lingkungan, Ratusan Warga Gandusari Gruduk Lokasi Tambang Batu Andesit

165
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Ratusan warga Desa Sukorejo kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Gelar aksi damai ke lokasi pertambangan batu andesit di daerahnya. Aksi damai ini dilakukan lantaran tambang batu tersebut dinilai merusak lingkungan dan mengancam rusaknya kawasan pemakaman umum didekat lokasi penambangan.

Dalam aksinya warga menuntut agar pihak perusahaan menghentikan aktivitas penambangan batu andesit dilokasi tersebut, pasalnya tepat diatas bukit yang ditambang tersebut ada area pemakaman warga, Jika aktivitas tambang tersebut terus terusan dilakukan, dikhawatirkan lokasi makam akan ambrol dan hancur.

Koordinator Aksi, Kyai Musyaroh menerangkan, Semenjak adanya aktivitas penambangan batu andesit di desa sukorejo ini warga merasa resah, pasalnya, selain mengancam rusaknya lingkungan hidup, aktivitas tambang tersebut juga menimbulkan polusi, baik polusi suara maupun polusi udara yang diakibatkan oleh debu, sehingga warga menuntut agar aktivitas tambang ini dihentikan.

Aksi damai penolakan tambang ini diikuti sekitar 400 orang, dan dipimpin langsung oleh kyai musyaraoh yang merupakan paman dari wakil bupati Trenggalek, Aki dilakukan dengan orasi sambil berjalan kaki dari titik kumpul menuju ke lokasi tambang dengan pengawalan ketat pihak kepolisian.