Home NEWS MOMENT Diserang Hama Wereng, Penghasilan Padi Petani Trenggalek Merosot Drastis

Diserang Hama Wereng, Penghasilan Padi Petani Trenggalek Merosot Drastis

883
SHARE

TRENGGALEK – bioz.tv – Serangan Hama wereng yang melanda sawah petani di kecamatan gandusari kabupaten Trenggalek, membuat sejumlah petani nyaris gagal panen, Meski sudah seringkali dilakukan penyemprotan pestesida, namun hama wereng masih tetap meyerang tanaman padi mereka, Akibatnya, harapan petani untuk mendapatkan hasil panen melimpah nyaris pupus, karena hasil panen mereka menurun drastis.

Seperti yang terjadi di area persawahan yang ada di desa gandusari kecamatan gandusari kabupaten Trenggalek, Jawa TImur ini, Serangan hama wereng terhadap tanaman padi di kawasan ini, bukannya mereda, namun justru merajalela. Sehingga petani harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menanggulangi serbuan hama tersebut. Akibat dari serangan hama wereng yang merajalela ini, kuantitas dan kualitas hasil panen menurun.

Petani asal gandusari, Arumi, Menerangkan, hama wereng mulai  menyerang tanaman padi ketika  padi mulai berbuah, akibat serangan hama ini, Batang, daun, serta bulir buahnya kering dan mati. Selain itu proses penyebarannya juga sangat cepat. Sehingga penghasilan petani menurun drastis, kebanyakan petani hanya bisa mendapatkan hasil padi sepertiga dari penghasilan biasanya.

Petani berharap agar pihak terkait turun membantu pemberantasan hama wereng ini, pasalnya bantuan  obat pembasmi hama yang pernah diberikan oleh dinas pertanian dalam beberapa waktu lalu, tidak mencukupi untuk membasmi hama yang menyerang sawah warga, sedangkan sebagian petani juga tidak mampu untuk membeli pestesida secara terus terusan, akibat pengaruh perekonomian warga.

https://youtu.be/Dn__F1nIK0w